Rayakan HUT Ke-70 Danjen KOPASSUS Gelar Athletics Open di GBK

Dalam rangka memperingati HUT Ke-70 Tahun Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS) menggelar kejuaraan bertajuk Athletics Open Danjen KOPASSUS 2022. Kejuaraan ini resmi digelar pada tanggal 2 s.d. 5 Juni 2022 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK).


Lebih dari 1.779 peserta putra dan putri yang berasal dari TNI/Polri, masyarakat umum, dan pelajar. Mempertandingkan 32 nomor putra dan putri antara lain lari 100 m, 200 m, 800 m, 1.500 m, 5.000 m, 10K road run, dan lompat jauh. 


Pada pembukaan Athletics Open Danjen Kopassus 2022 yang digelar pada Kamis, 2 Juni 2022, Komandan Jenderal Kopassus, Mayor Jenderal Iwan Setiawan menyampaikan bahwa jumlah peserta yang mengikuti Athletics Open Danjen KOPASSUS 2022 merupakan peserta terbanyak kejuaraan atletik yang digelar di Indonesia. Tujuan digelarnya kejuaraan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para atlet untuk menambah pengamalan sekaligus mencari atlet-atlet muda tanah air.


“Antusias peserta sangat luar biasa. Kami berharap ajang ini dapat melahirkan atlet-atlet baru dan rekor baru sehingga nanti bisa tampil dalam kejuaraan yang lebih besar baik ditingkat nasional maupun internasional”, tutup Iwan Setiawan. 


Selama pertandingan berlangsung, peserta sangat antusias mengikuti rangkaian lomba atletik ini yang juga bekerjasama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB. PASI). 


Puncak kegiatan Athletics Open Danjen KOPASSUS 2022 digelar pada Minggu, 5 Juni 2022. Diawali dengan gelaran 10K Road Run yang dilepas secara resmi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Setelah mengibarkan bendera start acara dilanjutkan dengan kegiatan Jalan Sehat dengan KSAD dan para tamu undangan dengan rute berkeliling GBK. Selanjutnya, Final nomor 800 m Umum putra/putri dan nomor estafet 8 x 50 m pelajar putra dan putri.  


Pada hari yang sama, KOPASSUS mendapatkan sebuah penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk Kejuaraan Atletik Peserta Terbanyak. Penghargaan dari MURI ini diserahkan langsung oleh Budayawan sekaligus Pendiri MURI, Jaya Suprana kepada Komandan Jenderal Kopassus, Mayor Jenderal Iwan Setiawan pada di Stadion Madya GBK.


Setelah rangkaian pertandingan selesai dilanjutkan dengan Upacara Penghormatan Pemenang dan Pengalungan Medali untuk para juara. Ketua Umum PB PASI, Luhut Binsar Pandjaitan resmi menutup kegiatan Athletics Open Danjen KOPASSUS 2022. 


Dalam sambutannya Ketua Umum PB PASI, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan kegiatan Athletics Open Danjen Kopassus 2022 merupakan pengalaman pertama saya hadir di kejuaraan terbesar dan termegah untuk cabang olahraga atletik yang digelar untuk mengobati kerinduan akan perlombaan atau kejuaraan akibat dampak pandemi COVID-19. Diikuti hampir 2.000 peserta dan berhasil juga mendapatkan penghargaan MURI, ia berharap kedepannya kegiatan ini dapat memberi motivasi pihak-pihak lain untuk menyelenggarakan kejuaraan serupa agar dapat melahirkan atlet-atlet yang berpotensi mengharumkan nama Indonesia di pentas atletik dunia.

News Gallery

262 Comments

  1. 1 1 says:

    1

  2. 1 1 says:

    1

  3. 1 1 says:

    1

  4. 1 1 says:

    1

  5. 1 1 says:

    1