Festival Olahraga Akuatik 2023 di Stadion Akuatik GBK

Festival Akuatik Indonesia 2023 telah resmi dibuka pada hari Sabtu (10/6/2023), Kejuaraan Nasional Akuatik atau Kejurnas ini berlangsung selama 8 hari yang bertempat di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta. Kejurnas ini diadakan dalam rangka sebagai babak Kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumatera Utara. Festival olahraga akuatik ini dibuka langsung oleh Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie. Tak hanya itu, sejumlah tokoh penting olahraga juga hadir dalam acara pembukaan festival ini, antara lain, Arlan Perkasa Lukman (Komite Eksekutif NOC Indonesia) dan Lucki Afari (Wakabid Binpres KONI Pusat).


"Pada Festival Akuatik Indonesia 2023 ini seru sekali karena setiap atlet dan daerah berlomba-lomba ingin menembus kuota dari PON 2024 yang diadakan di Aceh, Sumatera Utara. Selain itu juga untuk junior sebagai ajang seleksi SEA Age Group Swimming  Championship yang diadakan pada Agustus 2023 dan untuk senior ajak seleksi menuju SEA Games 2024." Ujar Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie. 


Cabang olahraga Akuatik merupakan cabor yang selalu diperlombakan pada  setiap ajang olahraga multievent baik di Kawasan Asia maupun Dunia. Oleh karena itu sangat penting bagi Indonesia memiliki atlet akuatik yang kompeten dan tangguh agar dapat unggul dari negara negara lain dan mengarumkan nama bangsa pada saat di perlombaan internasional, seperti SEA Games hingga Asian Games.


Festival Akuatik Indonesia 2023 pun menjadi wadah bagi para atlet, pelatih, dan penggemar olahraga akuatik dari seluruh Indonesia yang dimana sebanyak 1.500 peserta ikut serta dalam acara ini. Festival Olahraga Air ini meliputi berbagai kompetisi, pertunjukan, dan kegiatan terkait akuatik, seperti renang, loncat indah, polo air, dan renang artistik. Tidak hanya perlombaan namun pada festival ini juga diadakan kegiatan Coaching Clinic untuk cabang olahraga renang, utusan dari World Aquatics (FINA), Mr James Gibson M.BE, OLY., M.Sc., B.sc. pada Minggu, 11 Juni 2023.


Festival olahraga air yang resmi ditutup pada 18 Juni 2023 ini berhasil menyisakan beberapa provinsi sebagai Juara Umum pada masing-masing cabang olahraga, seperti DKI Jakarta juara umum pada cabor Renang Artistik, Polo Air dan Loncat Indah, kemudian juga ada provinsi Jawa Timur yang meraih juara umum pada Kejurnas cabor Renang. Atlet akuatik yang meraih medali emas akan dipastikan tampil pada PON 2024 untuk mewakili provinsi asal dari setiap atlet.


News Gallery

0 Comments