Tebaran Mata Uang Indonesia Hiasi Hall Basket GBK

Uang adalah salah satu benda yang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya. Fungsi uang adalah sebagai alat barter atau alat tukar yang dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Mata uang yang digunakan masyarakat Indonesia bernama “Rupiah”. Sebegitu dekatnya kita dengan rupiah, sehingga kadang kita hanya perlu melihat dari warna atau gambar sudah dapat menunjukkan besarannya. Tapi tahukan kalian sejarah dan metamorphosis uang yang digunakan oleh bangsa Indonesia. 

 

Buat kalian yang penasaran dengan sejarah dan metamorphosis rupiah bisa menyambangi Festival Rupiah Berdaulat Bank Indonesia (FERBI) 2022 Hall Basket GBK. Selama 4 hari mulai tanggal 19-21 Agustus 2022, Hall Basket dihiasi oleh tebaran mata uang rupiah. FERBI 2022 diprakarsai oleh Bank Indonesia yang merupakan instansi yang memiliki hak untuk menciptakan dan mengedarkan uang kertas dan logam sebagai alat pembayaran yang sah. Festival ini merupakan salah satu bentuk syukur atas hasil pencapaian pembangunan bangsa Indonesia yang telah menjalani 77 tahun kemerdekaannya. Pada festival yang pertama kali digelar ini, Bank Indonesia mengusung tema “Bersatu dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI”. Tema ini menggambarkan keanekaragaman budaya dan kedaulatan bangsa Indonesia. 


Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang sajarah, metamorphosis, sejauh mana peran rupiah hingga meningkatkan rasa cinta dan bangga akan rupiah serta memperkuat kedaulatan bangsa Indonesia. 


FERBI 2022 juga merupakan rangkaian kegiatan Bank Indonesia dalam peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 yang mulai dilakukan sejak tanggal 18 Agustus 2022. Sebanyak 7 (tujuh) buah pecahan uang rupiah yaitu Rp. 1.000, Rp. 2.000, Rp. 5.000, Rp. 10.000, Rp. 20.000, Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. Desain utama gambar pahlawan nasional, peta nusantara dan burung garuda, sementara pada sisi lainnya mengangkat tema keanekaragaman budaya Indonesia seperti gambar tarian, pemandangan alam, flora, dan fauna. Pada desain uang baru ini memiliki warna yang lebih tajam, peningkatan pada sektor pengamanannya serta bahan yang digunakan lebih baik sehingga sulit untuk dipalsukan.  


Bagi masyarakat yang berada di wilayah Jabodetabek dapat langsung menyambangi Hall Basket GBK untuk melihat langsung uang baru tersebut. Tidak hanya disuguhi oleh pecahan rupiah baru, para pengunjung juga dapat melihat langsung perjalanan sejarah mata uang yang digunakan di Indonesia dari masa kerajaan yang berupa koin hingga pecahan rupiah saat in, terdapat pula buku khazanah uang rupiah, talkshow, camera 360, hiburan, perlombaan, produk UMKM hingga penukaran pecahan rupiah baru. Buat kalian yang masih penasaran yukk sambangi Hall Basket GBK yaa.

News Gallery

20 Comments

  1. p pqJykEzfciAU says:

    jTuUfWQVlLIXNh

  2. p pqJykEzfciAU says:

    jTuUfWQVlLIXNh

  3. p pqJykEzfciAU says:

    jTuUfWQVlLIXNh

  4. P PYAXxoIj says:

    OxKzJFfSt

  5. P PYAXxoIj says:

    OxKzJFfSt