GBK Saksi SKJ Pecahkan Rekor Muri

Sebagai rangkaian dalam memeriahkan peringatan Hari Olahraga Nasional yang akan jatuh pada tanggal 9 September 2022, Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar kegiatan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) Pelajar yang digelar pada Sabtu, 27 Agustus 2022 secara luring dari Plaza Utara Gelora Bung Karno dan secara daring diikuti oleh sekitar 1 jutaan pelajar yang tersebar di 400 kabupaten/kota di Indonesia. 

 

SKJ merupakan olahraga cukup popular di tahun 80 dan 90an yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia terutama para pelajar, terdiri dari 3 tahapan gerakan yaitu pemanasan, latihan inti dan pendinginan yang masing-masing gerakannya disesuaikan dengan irama musik dan hitungan gerakan pengulangan. Seiring perkembangan zaman SKJ juga menyesuaikan beragam gerakan yang sedang tren dan musik yang lebih kekinian. Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyampaikan ucapan terima kasih kepada para kreator yang telah memodifikasi gerakan dan band yang telah membuat aransemen musik yang dikemas menjadi lebih kekinian serta para guru olahraga yang tergabung dalam Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) yang telah mensosialisasikan SKJ ini kepada para peserta didik dan masyarakat umum secara massif. Sejalan dengan implementasi program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yang menjadi pilar awal dalam mencapai Indonesia Bugar dan memiliki daya tahan tubuh kuat, yang diharapkan akhirnya dapat menorehkan prestasi. “SKJ bukan hanya untuk pelajar, tetapi juga dapat dilakukan oleh masyarakat umum karena memiliki gerakan-gerakan yang energik. Terima kasih kepada para kreator SKJ, Mas Lody cs dan Endank Soekamti yang telah membuat SKI ini menjadi lebih menarik. Yang terpenting adalah kita harus mendorong pelajar kita sehat dan bugar, yang akhirnya sejalan dengan program DBON, jika masyarakat bugar maka mudah bagi kami dalam pencarian bibit unggul prestasi baik nasional maupun dunia,” jelas Zainudin Amali. 


SKJ 2021 yang baru saja selesai diluncurkan di Plaza Utara Gelora Bung Karno memecahkan rekor MURI untuk rekor “SKJ Serentak dan Peserta Terbanyak”. Penghargaan MURI diserahkan oleh Wakil Direktur Utama MURI, Osmar Semesta Susilo kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. “MURI hari ini menyerahkan rekor dunia untuk SKJ Pelajar Terbanyak dan ini sudah dibuktikan dengan jumlah yang kurang lebih 1 juta ini, MURI mengapresiasinya sebagai Rekor Dunia,” tutup Osmar Semesta Susilo.


Diharapkan setelah resmi diluncurkan, SKJ ini dapat lebih disosialisasikan secara menyeluruh ke seluruh Indonesia sebagai salah satu langkah bagi masyarakat Indonesia untuk lebih bugar dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

News Gallery

0 Comments