Tebar Kebahagiaan Dengan Berkurban

Hari Raya Idul Adha tidak hanya sebagai sebuah momentum bagi umat muslim di dunia untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji tetapi juga sebagai momentum di mana kita dapat berbagi kebahagiaan terhadap sesama. Pada peringatan Idul Adha 1443 H, Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) melalui DKM Masjid Al Bina Gelora Bung Karno melakukan penerimaan dan penyembelihan hewan kurban. PPKGBK menyiapkan 6 ekor sapi dan 5 ekor kambing untuk dibagikan kepada masyarakat di sekitar kawasan GBK. DKM Masjid Al Bina juga menerima hewan kurban dari mitra PT. Master Paking Indonesia (1 ekor sapi), PT. Penta (1 ekor kambing), dan PT. Plataran Boga Rasa (1 ekor kambing) serta dari Direktur Umum PPKGBK (1 ekor kambing).


Penyaluran hewan kurban mulai dilakukan pada Minggu, 10 Juli 2022 berupa 1 ekor sapi ke DKM Masjid Al Habib di Perumahan Setneg Karawaci, dan 5 ekor kambing yang disalurkan masing-masing ke Kecamatan Tanah Abang, Kelurahan Gelora, Polsek Tanah Abang, Sudin Tata Air, dan Koramil Tanah Abang yang disalurkan pada Senin, 11 Juli 2022. Sedangkan untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di area Masjid Al Bina GBK dilakukan pada Selasa, 12 Juli 2022. Dalam mencegah penyebaran virus COVID-19 seluruh panitia dan petugas penyembelih hewan kurban melakukan test antigen terlebih dahulu. Rangkaian pelaksanaan mulai dari penyiapan wadah, penyembelihan dan pemotongan hewan kurban dilakukan dengan bergotong-royong. Sebanyak 4 ekor kambing dan 6 ekor sapi berturut-turut mulai dilakukan penyembelihan secara syariat Islam sekitar pukul 08.00 WIB. Setelah terpotong menjadi dalam ukuran tertentu, daging kurban langsung ditimbang dan dimasukan dalam wadah besek bambu yang telah dilapisi oleh daun pisang. Penggunaan besek bambu dan daun pisang menjadi salah satu upaya nyata PPKGBK dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.


Sekitar pukul 14.00 WIB besek-besek bambu berisi daging kurban mulai disalurkan tidak hanya kepada masyarakat sekitar Kawasan GBK tetapi juga dikirimkan ke Panti Asuhan. Memaknai Hari Raya Idul Adha tidak hanya sebuah perayaan keagamaan tetapi mengandung makna yang lebih dalam berupa ungkapan terima kasih kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan rezeki yang dapat dilakukan dengan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

News Gallery

0 Comments