Menpora Pastikan GBK Siap Gelar FIBA Asia Cup Indonesia 2022

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainuddin Amali meninjau kesiapan Istora Gelora Bung Karno (GBK) sebagai venue penyelenggaraan Federation Internationale de Basketball (FIBA) Asia Cup Indonesia 2022 pada Rabu, 29 Juni 2022. Gelaran FIBA Asia Cup Indonesia 2022 yang dimulai pada 12-24 Juli 2022 mendatang akan menjadi ajang kualifikasi peserta yang akan ikut FIBA World Cup 2023. 


Menpora didampingi Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, Rakhmadi A. Kusumo meninjau kesiapan seluruh fasilitas yang akan digunakan dalam penyelenggaraan FIBA Asia Cup Indonesia 2022 di Istora GBK. Fasilitas yang ditinjau antara lain media center, ruang ganti pemain, arena pertandingan, doping room, mixed zone dan fasilitas pendukung lainnya. Dalam kunjungan ini, Menpora, Zainuddin Amali menyampaikan bahwa Istora GBK sudah siap digunakan dan tidak banyak hal yang harus diperbaiki. 


“Terkait venue, saya kira tidak terlalu banyak perbaikan, ya minorlah tidak mayor lagi, karena ini memang masih persiapan. Yang jelas tahun depan kita punya yang lebih bagus lagi”, jelas Menpora Zainuddin Amali.


“Untuk arena pertandingan sudah siap digunakan termasuk fasilitas pendukungnya sudah dipastikan sesuai dengan persyaratan FIBA, tambah Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup Indonesia 2022 Junas Miradiarsyah. 


Menpora dan rombongan juga turut menyaksikan Tim Nasional Basket Indonesia yang sedang berlatih yang dipimpin langsung oleh Pelatih Rajko Toroman. Menpora juga menerima laporan kesiapan para atlet yang akan berlaga di FIBA Asia Cup Indonesia 2022. 


Sebelum pelaksanaan FIBA Asia Cup ini, Indonesia terlebih dahulu akan menjajal kemampuan untuk menggelar Kualifikasi FIBA World Cup 2023 sebagai test event. Pada tanggal 1 Juli 2022, Timnas Basket Indonesia akan menghadapi Timnas Basket Arab Saudi dan tanggal 4 Juli 2022, Timnas Basket Indonesia akan menghadapi Timnas Basket Yordania yang keduanya akan berlangsung di Istora GBK. 


Menurut Menpora, jika Timnas Basket Indonesia lolos FIBA Asia Cup maka Indonesia akan masuk menjadi peserta FIBA World Cup 2023. “Keikutsertaan kita di FIBA Asia Cup ini untuk menuju FIBA World Cup 2023, kalau kita lolos pada ajang ini maka kita akan otomatis masuk menjadi peserta FIBA World Cup 2023. Kami minta dukungan masyarakat Indonesia dan pecinta basket untuk hadir mendukung Timnas Basket Indonesia langsung di Istora GBK,” tutup Menpora Zainuddin Amali.

News Gallery

0 Comments