Pawai Obor dalam menyambut SEA Games 2023 Kamboja, Momentum Penambah Semangat Juang Atlet Indonesia

Jakarta, 01 April 2023 – Arak-arakan obor multievent dua tahunan di Kawasan Asia Tenggara (ASEAN) itu bertempat di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat yakni Pawai obor SEA Games 2023 Kamboja akhirnya tiba di Jakarta, pada Sabtu 01 April 2023.

 

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan sebagai sesama negara di kawasan ASEAN, Indonesia mendukung penuh Kamboja sebagai tuan rumah SEA Games 2023, yang akan berlangsung pada 5-17 Mei.

 

Salah satu dukungan konkret Merah Putih untuk Kamboja adalah dengan menyelenggarakan torch relay. Indonesia menjadi negara ketiga yang menyelenggarakan torch relay selain tuan rumah Kamboja.

 

"Alhamdulillah hari ini kita baru menyelesaikan rangkaian dari torch relay yang diberikan dari Kamboja ke Filipina, dari Filipina ke Indonesia, dan setelah ini akan ke Timor Leste," ucap Raja Sapta Oktohari.

 

"Kegiatan pertama kali dan akan menjadi legacy untuk Kamboja. Harapan kami, api ini akan membakar semangat Olympism dan SEA Games di Kamboja nanti," ucap Okto lagi.

 

Terkait persiapan Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Ketua NOC Indonesia menyebut telah berkoodinasi dengan semua pihak terkait. Mulai dari Kemenpora, Tim CdM maupun pengurus cabang olahraga.

 

Sebelumnya, pawai obor juga bergulir di Vietnam pada Jumat (24/3) dan Filipina pada Senin (27/3). Kegiatan ini akan terus berlanjut ke negara peserta lainnya seperti Timor Leste, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

 

Setelah menyambangi negara peserta, api kemudian akan kembali ke Kamboja pada upacara pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja. 

 

Pawai obor SEA Games 2023 di Indonesia diikuti sejumlah pemangku kepentingan mulai dari atlet, pengurus cabang olahraga, hingga Pelaksana Tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Plt. Menpora) Muhadjir Effendy.  

 

Selain itu turut hadir sejumlah perwakilan dari Cambodia SEA Games Organizing Committee (CAMSOC) dan atlet pencak silat Kamboja yang memang berlatih di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta. 

 

"Selamat kepada Kamboja yang menjadi tuan rumah Kamboja. Semoga sukses menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya. Mudah-mudahan peringkat bisa dipertahankan, syukur-syukur bisa dinaikkan," ucap Muhadjir.

 

Torch relay SEA Games 2023 diharapkan menjadi salah momentum penambah spirit bagi atlet Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Chief de Mission kontingen Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim.

 

"Torch relay di Indonesia sebagai salah satu momentum penambah spirit laksana api membakar semangat para atlet kita yang sedang dalam kondisi prima untuk menghadapi SEA Games mendatang," ucap Lexy.


News Gallery

0 Comments