Kejuaraan Panahan Tingkat Internasional, Kartini Cup 2023 Digelar di Lapangan Panahan GBK

Kejuaraan Kartini Cup Panahan Ke-6 telah resmi dibuka pada hari Kamis (2/3/2023), Kejuaraan Panahan ini berlangsung selama 4 hari dan bertempat di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno, Jakarta. Dalam rangka memperingati hari Kartini sebagai sosok pahlawan Indonesia yang berjasa bagi bangsa, maka diadakannya Kartini Cup 2023. Kejuaraan ini diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh CAKRA Archery Club yang bermarkas di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno.


Setelah berakhirnya status pandemi Covid-19 di Indonesia, Kartini Cup juga kembali mengundang puluhan atlet Panahan dari kancah internasional, seperti dari Uni Arab Emirates (UAE) dan juga India. Kejuaraan ini terbagi dalam beberapa kategori lomba yang diikuti oleh peserta mulai dari usia 12 tahun hingga senior. Sebanyak kurang lebih 300 peserta dan official dari berbagai daerah telah terdaftar secara resmi untuk turut berkompetisi di Kejuaraan Kartini Cup tahun ini.


“Kita mengadakan kompetisi ini agar mereka yang berasal dari daerah lain juga merasakan rumput GBK, Itu yang menjadi salah satu motivasi dan kebanggaan bagi mereka (para atlet) untuk bertanding disini.” Ujar Indrie HP Koentjoro selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kejuaraan Panahan Kartini Cup 2023. Selain itu Beliau menyatakan bahwa, peserta dari daerah-daerah lain di Indonesia sangat antusias dan bangga untuk ikut serta dalam Kejuaraan Kartini Cup tahun ini. Hal tersebut dikarenakan Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno yang menjadi tempat diselenggarakannya Kartini Cup telah bertaraf Internasional dan juga sering digunakan untuk kompetisi Internasional seperti Asian Games, pada tahun 2018.


Dalam Kejuaraan Kartini Cup 2023 ini juga menjadi ajang bagi bibit-bibit pemanah muda Indonesia untuk dapat mengasah kemampuannya dan juga menjadi pondasi untuk di kemudian hari, sehingga dapat mengharumkan nama negara di ajang kompetisi bergengsi seperti Kejuaraan Panahan Dunia. “Penghuni Pelatnas Panahan Indonesia itu mayoritas alumni dari peserta Kartini Cup sehingga kami sebagai panitia ada kebanggaan tersendiri.” Ucap Indrie.


Ketua Panitia Penyelenggara berterima kasih kepada pihak GBK atas kerja sama dan dukungan yang baik sehingga Kartini Cup 2023 dapat terselenggara dengan lancar dan sukses, Indrie juga berharap kedepannya Kartini Cup akan selalu dapat diselenggarakan di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno karena sudah menjadi ciri khas tersendiri bagi Kartini Cup untuk diadakan di GBK. 



News Gallery

1 Comments

  1. S Shofi says:

    Ada lomba lagi nga buat 2024 Mau info lomba terbaru dong