Select Page

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia biasanya disambut dengan beragam kegiatan setiap tahunnya. Namun peringatan tahun 2020 ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini peringatan HUT Ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan dirayakan ditengah pandemi covid-19 sehingga peringatan ini tidak akan semeriah tahun-tahun sebelumnya. Namun hal ini tidak mengurangi esensi dari peringatan itu sendiri.

Manajemen Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) turut berpartisipasi aktif dalam menyemarakkan peringatan HUT Ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Secara internal beragam upaya dilakukan antara lain dengan menghias kawasan dengan lebih dari 200 buah umbul-umbul dan memasang Bendera Merah Putih di setiap venue yang dimulai pada akhir Juli 2020. Memasuki awal Agustus 2020 kawasan GBK sudah mulai dipenuhi dengan ornamen bertema merah putih. Bukan hal yang mudah untuk menghias kawasan olahraga maupun venue karena bentuk bangunan yang beragam. Terkadang upaya dalam menghias ini memerlukan tenaga dan nyali yang besar seperti saat memasang tali dan bendera di atap Stadion Utama GBK. Dengan tetap mematuhi protokol keamanan dan keselamatan, para petugas menapaki anak tangga menuju catwalk yang berada diatas tribun penonton dan berjalan menuju ke ujung luar atap Stadion Utama GBK yang memiliki tinggi lebih dari 30 m seraya membawa penyangga, tali dan Bendera Merah Putih. Pemasangan tali juga membutuhkan kesabaran, karena berada di ujung atap imbasan angin dan terik matahari menerpa cukup kencang. Venue dan kawasan GBK juga dipercantik dengan Bendera Merah Putih berbentuk rempel. Pemasangan ini pun membutuhkan tenaga yang besar karena luasnya venue dan kawasan yang harus dihias. Selain venue dan kawasan, landscape GBK pun juga turut dihias untuk menambah semarak kawasan GBK.

Manajemen PPKGBK juga mensosialisasikan dan mengimbau kepada para mitra usaha di lingkungan GBK terkait partisipasi untuk menghias lingkungan kerjanya dengan ornamen bertema merah putih dan menghentikan sejenak semua kegiatan dan aktifitas selama 3 menit pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 s.d. 10.20 WIB. Selain itu, Manajemen GBK juga menyampaikan arahan Menteri Sekretaris Negara kepada masyarakat terkait Peringatan Detik-detik Proklamasi melalui pengeras suara yang mampu menjangkau seluruh kawasan GBK dan memanfaatkan media visual berupa videotron dan LED runner yang tersebar di sekitar kawasan GBK.

Beragam upaya ini merupakan wujud nyata Manajemen PPKGBK untuk tetap menggelorakan semangat kemerdekaan walaupun terdapat keterbatasan akibat covid-19. Hal ini tidak menjadi penghalang untuk tetap berkreasi demi negeri yang kita cintai. Dirgahayu 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia.