Select Page

Sejak pagi warga DKI Jakarta mulai memadati kegiatan vaksinasi yang di gelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu, 26 Juni 2021. Serbuan Vaksinasi di Stadion Utama GBK diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI dan TNI-Polri. Peserta Serbuan Vaksinasi di Stadion Utama GBK melakukan pendaftaran melalui aplikasi Jakarta Terkini (JAKI) yang dapat diunduh melalui tautan http://qrco.de/appsjaki, kemudian pilihan tempat vaksinasi, pilih lokasi Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang. Ditargetkan sekitar 10.000 warga DKI Jakarta dapat menerima vaksin COVID-19 dosis pertama yaitu Sinovac.

Kegiatan vaksinasi serupa juga digelar serempak dibeberapa titik baik di Jakarta dan sejumlah daerah di Indonesia guna mensuksekan program bertajuk “Serbuan Vaksinasi Target Nasional 1 Hari 1 Juta Vaksinasi”.

Sekitar pukul 10.30 WIB, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, Rakhmadi A. meninjau langsung kegiatan vaksinasi di Stadion Utama GBK.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan rasa syukur bahwa Indonesia dapat menggelar vaksinasi massal mulai dari Sabang sampai Merauke. Target hari ini adalah satu juta vaksin untuk rakyat yang kita harapkan nanti akan terus menuju di bulan Juli dan di bulan Agustus target kita nanti dua juta vaksin. Beliau juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang datang ke GBK untuk divaksin.

Dalam kunjungan ini Presiden menyempatkan waktu untuk berdialog dengan beberapa Pangdam terkait ketersediaan dan pelaksanaan vaksinasi dimasing-masing daerah. Diakhir kunjungannya, Presiden berpesan kepada jajaran Pemerintah Daerah dan TNI-Polri bersama untuk dapat selalu mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan di masyarakat dalam segala kegiatan yang dilakukan di lapangan.

Diharapkan dengan program vaksinasi ini dapat mempercepat upaya pemerintah untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.