Presiden Republik Indonesia didampingi Wakil Presiden RI, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyart, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melakukan peresmian Stadion Utama Gelora Bung Karno (14/1/2018). Proses renovasi Stadion Utama yang telah dimulai sejak Agustus 2016 kini telah selesai, renovasi ini merupakan renovasi terbesar dalam sejarah GBK. Stadion Utama GBK kini menjadi Stadion terbesar, terlengkap dan tercanggih di Indonesia, bahkan saat ini menjadi salah satu stadion terbaik dan terindah di dunia. Stadion Utama Gelora Bung Karno kini telah resmi menjadi Stadion dengan paling terang sedunia dengan total pencahayaan sebesar 3500 lux.

Dalam pidato yang singkat namun penuh makna, Presiden Jokowi menyampaikan, “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim dan dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada sore ini renovasi besar Stadion Utama Gelora Bung Karno saya nyatakan diresmikan dan dimulai penggunaannya”. Pada akhir sambutan Presiden RI, terdengar sorak sorai dan tepuk tangan dari 36.220 penonton dengan antusias penuh kebanggaan saling bersahutan meneriakkan, “Indonesia… Indonesia…”. Aksi tata cahaya yang apik nan menawan baik dari dalam maupun sisi luar Stadion, menemani Penandatanganan Prasasti Peresmian SUGBK oleh Presiden RI. Permainan cahaya yang sangat memukau, mengundang decak kagum para penonton yang menyaksikan langsung di Stadion Utama. Presiden dan undangan kehormatan lainnya menempati Royal Box yang kini dilengkapi dengan kaca anti peluru.

Peresmian Stadion Utama Gelora Bung Karno diakhiri dengan pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Islandia yang berakhir dengan skor Indonesia 1-4 untuk Islandia. Walaupun sempat unggul di babak pertama, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Islandia.  Pertandingan yang cukup menarik membuat hampir semua penonton enggan beranjak dari kursi masing-masing.

 

English EN Indonesian ID