Renovasi Istana Olahraga Gelora Bung Karno atau Istora GBK telah selesai dilaksanakan pada 23 Januari 2018 dengan ditandai  peresmian oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo. Acara peresmian Istora GBK diawali dengan laporan singkat dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dalam laporannya disampaikan bahwa Istora merupakan venue ke-6 dari 14 venue yang direnovasi dalam rangka persiapan Asian Games 2018. Istora GBK memulai masa renovasinya pada  September 2016 dan selesai pada Desember 2017 dengan berkapasitas bangku penonton single seat sebanyak 7.166. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga menyampaikan bahwa renovasi Istora juga memperhatikan nilai warisan budaya dengan mempertahankan beberapa kursi kayu jati asli di bagian kiri dan kanan VIP. Istora GBK merupakan bangunan multifungsi yang dapat mengakomodir berbagai kegiatan baik olahraga maupun non olahraga.

Pada Asian Games 2018, Istora GBK akan dimanfaatkan sebagai tempat pertandingan cabang olahraga bulutangkis dan basket. Dengan fasilitas yang ada didalamnya, Istora GBK kini menjelma sebagai salah satu bangunan multifungsi indoor terbaik di Asia.

Selanjutnya, sambutan Presiden Republik Indonesia dalam peresmian Istora GBK menyampaikan, “dengan mengucapkan bismillahirahmanirahiim, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, Istora Gelora Bung Karno saya resmikan”, yang kemudian membubuhkan tandatangannya di atas prasasti.

Sebagai salah satu bentuk penghormatan, Presiden RI memberikan raket bulutangkis secara simbolis kepada beberapa atlet legendaris bulutangkis Indonesia.

Setelah acara seremonial, Istora menjadi tempat perhelatan kejuaraan Daihatsu Indonesia Masters 2018 yang merupakan test event cabang olahraga bulutangkis dan akan berlangsung sampai dengan 28 Januari 2018.

English EN Indonesian ID