Select Page

Menteri Pemuda dan Olahraga mengukuhkan 841 Atlet yang akan berlaga di ajang pesta olahraga terakbar se-Asia Tenggara yaitu SEA Games Ke-30 Tahun 2019 Manila, Filipina. Kegiatan pengukuhan yang digelar di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK) pada 27 November 2019 ini dihadiri oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia, perwakilan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama GBK dan Ketua Kontingen Indonesia beserta ratusan perwakilan Atlet.

Rangkaian kegiatan pengukuhan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 antara lain Pembacaan Keputusan Penetapan Atlet, Laporan Kesiapan Kontingen Indonesia, Laporan Ketua Umum KOI, Pembacaan Janji Atlet, Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, Penyerahan bendera Merah Putih, hingga prosesi penciuman bendera oleh seluruh Kontingen Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa seluruh atlet yang dikirim ke ajang SEA Games mengemban amanat untuk mengharumkan nama Indonesia melalui prestasi dibidang olahraga. Meski bermunculan berita-berita negatif, Menteri meminta agar para atlet tetap fokus dalam bertanding dan tidak menjadikan berita-berita yang kurang baik sebagai beban.

Setelah pengukuhan di Hall Basket GBK selesai, rombongan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 bertolak menuju Istana Bogor untuk dilepas secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Rangkaian kegiatan SEA Games 2019 mulai digelar pada 30 November hingga 11 Desember 2019 di Manila, Filipina.