Select Page

Setelah lebih dari 2 bulan Masjid Al Bina GBK ditutup karena masa pandemi virus covid-19, untuk pertama kalinya DKM Masjid Al Bina GBK menggelar pelaksanaan ibadah sholat jum’at pada 5 Juni 2020. Kebijakan ini merupakan tindaklanjut dari keputusan Gubernur DKI Jakarta yang memperbolehkan pelaksanaan ibadah pada rumah-rumah ibadah dengan tetap mengacu pada protokol pelaksanaan dalam menjalankan ibadah secara berjamaah saat pandemi covid-19.

Pada pekan pertama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Transisi menuju “New Normal”, penyelenggaraan sholat Jum’at di Masjid Albina hanya dilaksanakan 1 sesi saja, namun masyarakat yang datang terlambat diberi kesempatan untuk melaksanakan sholat Dzuhur hingga pukul 13.00 WIB. Beberapa ketentuan yang harus dipatuhi para jama’ah sebelum melaksanakan sholat Jum’at di Masjid Al Bina GBK antara lain wajib menggunakan masker, sudah berwudhu dan membawa kantong untuk menyimpan alas kaki hal ini dikarenakan Masjid Al Bina GBK tidak menyediakan tempat wudhu dan penitipan sandal/sepatu. Jamaah yang datang dengan berjalan kaki dapat melalui Pintu 4 sedangkan masyarakat yang menggunakan kendaraan dapat melalui Pintu 5 dan memarkirkan kendaraannya di Parkir Selatan GBK. Masjid Al Bina GBK hanya dapat menampung maksimal 618 jamaah atau 50% dari kapasitas yang ada.

Walau ditengah mewabahnya pandemi virus covid-19, tidak menyurutkan niat para jamaah untuk melaksanakan ibadah, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Pelaksanaan ibadah sholat Jum’at di Masjid Al Bina GBK pun dapat berjalan dengan lancar dan tertib.