Select Page

Stadion Akuatik GBK yang kesehariannya digunakan untuk beragam kegiatan renang. Namun pada Kamis, 18 November 2021 di Stadion Akuatik GBK untuk kesekian kalinya venue ini digunakan sebagai catwalk sebuah peragaan busana. Terbayangkah dibenak kita bahwa untuk peragaan busana muslim dapat digelar di Stadion Akuatik GBK?

Memasuki arena tengah Stadion Akuatik telah berjajar dengan rapi bangku-bangku untuk para tamu yang menghadap pada sebuah panggung besar yang menyatu dengan bangunan tribun. Sebuah catwalk berada tepat diantara kolam tanding dan kolam loncat indah nampak apik berpadu dengan dekorasi yang minimalis namun tetap elegan.

Pagelaran Jakarta Muslim Fashion Week tahun ini terbagi dalam 3 sesi yaitu 1 sesi Fashion School dan 2 sesi Fashion Designer. Mengusung tema “Embracing Jakarta Muslim Fashion Week” peragaan busana yang juga dapat disaksikan langsung secara virtual melalui 2 kanal youtube Kementerian Perdagangan dan Jakarta Fashion Week.

Rangkaian kegiatan Jakarta Muslim Fashion Week” didahului dengan kegiatan jumpa pers yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Stadion Akuatik GBK. Dalam sambutannya, Anne Patricia Sutanto selaku perwakilan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, sekaligus Wakil Ketua Komite Promosi Fashion Muslim Nasional menyampaikan bahwa Jakarta Muslim Fashion Week merupakan sebuah kolaborasi antara Kementerian Perdagangan dan KADIN Indonesia dalam memperkenalkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia. Pagelaran busana kali ini memfokuskan keanekaragaman budaya di Indonesia lewat balutan busana muslim. Langkah pertama Indonesia jadi kiblat fashion muslim dunia. Kolaborasi ini tidak semata menyoroti estetika desain. Ini tidak hanya showcase bakat dari para disainer dalam negeri, namun juga ajang memperkenalkan teksil, border, dan perhiasan asli Indonesia.

Sebanyak 39 brand busana muslim ditambah 15 karya para desainer sekolah fashion ternama, dan produk kosmetik halal turut ambil bagian dalam pagelaran busana muslim kali ini. Jakarta Muslim Fashion Week menjadi sebuah wadah untuk mempromosikan busana muslim dari para desainer Indonesia. Karya busana yang kaya akan budaya Indonesia dan produk kosmetik halal yang dikemudian hari diharapkan dapat menjadi produk unggulan dalam negeri, namun tetap berorientasi pada pasar internasional.