Select Page

“Melalui Asian Para Games Tahun 2018 ini, kita ingin merayakan persaudaraan, kita menunjukkan kegigihan dan prestasi, dan kita ingin menjunjung tinggi kemanusiaan. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya menyatakan dengan resmi Asian Para Games, dibuka. Selamat berjuang, sukses”, kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (6/10/18).

Sebuah pertunjukan kolosal yang sangat apik penuh makna yang mendalam dipersembahkan oleh sekitar 1.540 penari yang merupakan gabungan dari penari dan para penyandang disabilitas. Kekayaan Indonesia akan budaya dan alam yang ada terlihat jelas dari pertujukan tersebut yang menjadi kebanggaan tersendiri pada Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018.

Diawali dengan segmen tentang aktivitas masyarakat Indonesia yang sedang mencangkul dan menebar jaring di lautan seiring dengan mentari yang mulai menyinari bumi.Sebuah kapal pinisi kemudian mengarungi lautan luas dan disusul dengan munculnya hewan purba yang hanya ada di Indonesia yaitu Komodo. Sebuah cerminan budaya bangsa dan kekayaan alam dimiliki negeri ini. Segmen keragaman agama dan kepercayaan yang disimbolkan melalui tempat ibadah menyatu dalam keberagaman dan saling menghormati dalam wadah kesatuan dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila.

Kesetaraan pun ditampilkan saat seorang penyandang disabilitas melakukan penyelaman dengan kursi roda. Selanjutnya, sebuah narasi yang dibawakan seorang anak perempuan bernama Bulan yang menceritakan tentang keterbatasan dirinya dan kekagumannya atas beberapa penyandang disabilitas yang mampu menorehkan prestasi.

Bulan berada ditengah di Upacara Pembukaan Asia Para Games 2018 dan menyerahkan kotak kepada Presiden RI yang berisikan tulisan ABILITY. Kemudian Presiden RI, Bulan dan 1 atlet disabilitas menghancurkan huruf DIS pada kata DISABILITY yang terletak ditengah panggung sehingga meninggalkan kata “ABILITY”, sebuah symbol akan kemampuan melebihi keterbatasan yang ada. Sebuah pertunjukan yang sangat bermakna yang mengajarkan kita bahwa para penyandang disabilitas juga mampu untuk berprestasi dengan keterbatasan yang mereka miliki.