Select Page

Manajemen Gelora Bung Karno (GBK) terus berupaya untuk menjadikan GBK sebagai kawasan terbuka hijau yang aman dan nyaman serta ramah lingkungan. Untuk menciptakan keselarasan khususnya dalam penanganan pedagang kaki lima, maka GBK mengambil kebijakan untuk melakukan penyeragaman pedagang kaki lima yang ada di dalam kawasan GBK khususnya gerobak dorong.

Kebijakan tersebut diwujudkan dalam bentuk Gerobak Kuliner GBK. Gerobak Kuliner GBK yang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat akan minuman dan makanan ringan. Sejalan dengan Program Manajemen GBK untuk menerapkan program cashless atau non tunai untuk seluruh kantong parkir yang ada di GBK, Gerobak Kuliner GBK pun bertambah fungsinya.

Sebanyak 16 Gerobak Kuliner GBK yang berada di dalam kawasan GBK kini tidak hanya berjualan makanan dan minuman ringan, namun juga melayani penjualan dan pengisian ulang kartu prabayar (Tapcash, Brizzi dan e-Money) menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture).

Gerobak Kuliner GBK juga ramah lingkungan. Dengan menggunakan 2 penampang solar panel pada masing-masing Gerobak Kuliner GBK dapat menghasilkan energi sebesar 70 watt yang digunakan memenuhi kebutuhan listriknya. Penggunaan solar panel ini sudah dilakukan selama 2 bulan terakhir dan sampai saat ini para pedagang belum mendapatkan kendala dalam penggunaannya.