Select Page

Bulan Ramadhan, bulan suci yang dirindukan. Bulan dimana orang berlomba-lomba mendulang pahala. Bulan dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Bulan kemuliaan bagi para umat muslim menjalankan puasa di siang hari, memperbanyak ibadah, beramal serta berbagi. Salah satu ibadah yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan ini adalah dengan mendatangi majelis ilmu. Melalui Dewan Kemakmuran Masjid Al Bina GBK mengadakan kegiatan “Kajian Tematik Dzuhur Ramadhan Masjid Al Bina GBK”. Kegiatan kajian ini sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan di Masjid Al Bina GBK yang biasanya dilaksanakan setiap hari Rabu ba’da Dzuhur. Selama bulan Ramadhan, kegiatan kajian di Masjid Al Bina di laksanakan pada hari Senin hingga Kamis ba’da Dzuhur.

Pelaksanaan kegiatan kajian di Masjid Al Bina dilaksanakan pada waktu istirahat sehingga tidak mengganggu waktu kerja. Para jamaah dapat juga memperkaya ilmu pengetahuan tentang cara pandang Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari baik di lingkungan kantor maupun di tempat. Hal ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa, “Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju surga” (HR. Muslim). Allah SWT akan memudahkan memasuki surga bagi orang yang menuntut ilmu yang tujuannya untuk mencari keberkahan di jalan Allah SWT, untuk mendapatkan ilmu, mengambil manfaat dari ilmu syar’i dan mengamalkan konsekuensinya. Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga pada hari kiamat kelak, ketika melewati shirat dan dimudahkan dari berbagai ketakutan.

Memanfaatkan waktu istirahat seraya mencari kebaikan dengan memperkaya ilmu seperti mendayung dua-tiga pulau terlampaui. Waktu produktif untuk bekerja dapat optimal dan istirahat pun keberkahan tetap dapat diraih dengan mendatangi majelis ilmu di Masjid Al Bina GBK.