Select Page

Senin, 17 Agustus 2020 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) tetap dibuka untuk masyarakat yang beraktivitas dan berolahraga, baik di venue maupun di kawasan. Berbeda dengan sebelumnya, pagi ini Petugas menyampaikan imbauan terkait peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan secara berkala di setiap jam, setengah jam dan 15 menit sebelum pukul 10.17 WIB. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelaksanaan peringatan Detik-detik Proklamasi khususnya masyarakat yang beraktivitas di GBK.

Menjelang peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan masyarakat tetap beraktifitas dan berolahraga seperti biasa, namun persiapan pengibaran tetap dilakukan di VIP Barat Stadion Utama GBK. Peringatan tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, namun Manajemen GBK tetap berupaya untuk menggelorakan semangat merah putih di kawasan GBK. Secara visual, venue dan kawasan sudah dipercantik dengan dekorasi merah putih dan tanaman berwarna-warni.

Tepat pukul 10.15 WIB, Petugas menyampaikan imbauan terakhir. Selanjutnya pada 10.16 WIB, sirine pun menggema ke seluruh kawasan GBK melalui pengeras suara. Masyarakat yang berada di dalam venue dan sekitar kawasan GBK mulai bersiap untuk menghentikan kegiatannya. Petugas Pengibar Bendera yang berada di VIP Barat Stadion Utama GBK sudah bersiap untuk mengibarkan bendera. Tepat pukul 10.17 WIB, Bendera Merah Putih mulai dikibarkan diiringi dengan musik lagu Indonesia Raya. Dengan kesadaran masing-masing, masyarakat yang berada di VIP Barat Stadion Utama GBK dan di sekitar kawasan GBK secara serempak menjaga jarak, mengambil sikap sempurna, berdiri tegak untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi. Sebuah bentuk peringatan yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, namun tidak menyurutkan semangat bangsa Indonesia untuk tetap memperingatinya ditengah pandemi covid-19. Perasaan bangga terpatri di lubuk hati kami, terlebih lagi masyarakat yang berada tidak jauh dari VIP Barat meneriakkan kata-kata “Merdeka, terima kasih dan salut pada GBK” seraya bertepuk tangan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada para masyarakat yang sudah turut berpartisipasi dalam peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di GBK.

Dirgahayu 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia.