Select Page

Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia, hal ini mengharuskan kita untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru untuk melaksanakan protokol kesehatan atau prilaku hidup sehat dimanapun kita berada. Beberapa protokol kesehatan yang harus diaplikasikan antara lain mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Prilaku hidup sehat ini tidak bisa berjalan sendiri, sehingga dibutuhkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat agar secara konsisten melaksanakannya.

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah mencanangkan program berskala nasional bertajuk, “Kampanye Nasional, Jangan Kendor Disiplin Pakai Masker”, yang dilaksanakan pada Minggu, 30 Agustus 2020 di VIP Barat Gelora Bung Karno. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Menteri Kesehatan yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, Tim Komunikasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, Direktur Utama Gelora Bung Karno (GBK), Winarto dan beberapa pejabat dari beberapa kementerian dimaksud.

Dalam keterangan persnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa upaya untuk mencegah penularan COVID-19 adalah dengan menerapkan perilaku sehat, yakni selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. Kampanye perilaku sehat ini akan berlangsung selama bulan Agustus-November 2020 dan sebanyak 25 juta masker akan dibagikan ke beberapa wilayah di Indonesia. Pada kampanye yang dilakukan di kawasan GBK telah dibagikan sebanyak 40 ribu masker. Dalam kampanye ini, manajemen GBK juga turut berpartisipasi aktif dengan memfasilitasi tempat dan juga menfasilitasi secara visual “Kampanye Nasional, Jangan Kendor Disiplin Pakai Masker” yang ditayangkan pada LED runner disekitar kawasan GBK.

Beragam upaya yang dilakukan oleh para pihak untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk melaksanakan prilaku hidup sehat yang salah satunya adalah menggunakan masker. Diharapkan upaya ini dapat berujung pada kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker dan melaksanakan prilaku hidup sehat untuk memotong mata rantai penyebaran virus covid-19.