Select Page

Memasuki hari pertama libur pasca Idul Fitri 1442 H, Manajemen Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) berlakukan kebijakan test COVID-19 bagi seluruh pegawai di lingkungan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (Senin, 17 Mei 2021). Bertempat di masing-masing unit kerja, sebanyak 303 pegawai GBK melaksanakan test COVID-19 dengan metode test Saliva.

Test COVID-19 Saliva merupakan metode yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan virus corona di dalam tubuh seseorang melalui sample air liur. Test ini mendeteksi materi genetik virus dalam sampel air liur. Waktu yang diperlukan untuk pengujian juga terbilang cepat hanya beberapa menit saja. Demikian juga akurasi yang didapatkan pun terbilang tinggi sekitar 83 persen.

Dikutip pernyataan Dr Spencer Kroll, FNLA, spesialis penyakit dalam di New Jersey bahwa Tes air liur sangat sensitive, test Ini dapat mendeteksi virus serta satu salinan per mikroliter air liur.

Hasil dari keseluruhan test saliva yang dilakukan oleh seluruh Pegawai PPKGBK dinyatakan negatif COVID-19. Dengan adanya hasil tersebut, seluruh pegawai PPKGBK dapat melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat dan para stakeholders. Masyarakat dan para stakeholders lainnya juga dapat merasa lebih aman dan nyaman beraktifitas di kawasan GBK. Hal yang terpenting adalah seluruh lapisan masyarakat berperan penting dalam memutuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dimanapun kita berada.