Select Page

Direktur Utama GBK didaulat menjadi salah satu pembawa obor Asian Para Games 2018 yang berlangsung pada 9 Oktober 2018 di Ternate, Maluku Utara. Ternate merupakan titik start pawai obor atau dikenal dengan torch relay Asian Para Games 2018 setelah pengambilan api abadi di Mrapen Grobogan, Jawa Tengah. Torch Relay ini merupakan pembuka dari rangkaian kegiatan Asian Para Games 2018. Penyerahan api Asian Para Games dilakukan bangsawan Ternate kepada Menteri Pemuda dan Olahraga yang kemudian akan diserahkan kepada Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games. Api obor selanjutnya kembali diserahkan kepada perwakilan atlet penyandang disabilitas yang berasal dari Maluku. Secara estafet api obor kemudian dibawa oleh Pangdam Pattimura, Direktur Utama PPKGBK, Kapolda Maluku Utara, WaliKota Ternate, Kajati Ternate dan artis ibukota. Rute pawai mengambil titik start di Kedaton Kesultanan Ternate dan finish di Landmark Kota Ternate.

Dalam sambutannya Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa, “Api obor Asian Para Games merupakan simbol persatuan dan peduli para disabilitas. Ini bukan semata-mata menyangkut medali, melainkan juga harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia. Doakan para atlet, pelatih, komandan kontingen, serta penyelenggara Asian Para Games 2018 di Jakarta pada 6-13 Oktober yang akan datang”.

Sehari di Ternate, api obor akan dibawa menuju 6 kota lainnya di Indonesia yaitu Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, dan berakhir di Jakarta pada 30 September 2018 mendatang.