Select Page

Manajemen GBK menggelar jumpa pers terkait penyelenggaraan ajang Formula E di kawasan GBK, pada 11 Februari 2020 di Ruang Konferensi Pers Stadion Utama GBK. Sebagaimana diketahui pada Senin (10/2/2020) melalui surat Komisi Pengarah yang diketuai Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 7 Februari 2020 telah diumumkan bahwa Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka telah menyetujui Formula E 2020 diadakan di Kawasan Monas dengan mematuhi peraturan yang berlaku khusunya UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Selanjutnya, pihak penyelenggara menyebut dari beberapa alternatif lokasi yaitu PIK, Ancol, Kemayoran, SCBD dan GBK, penyelenggara mengharapkan kawasan Gelora Bung Karno Senayan tepatnya di area ring road Stadion Utama GBK dapat menjadi lokasi penyelenggaraan event tersebut.

Dalam dua hari ini tim penyelenggara event Formula E 2020 telah melakukan diskusi dengan PPKGBK. Tim penyelenggara Formula E 2020 mengajukan desain dimana dalam desain tersebut memasuki area yang biasa digunakan masyarakat untuk olahraga. Atas desain tersebut, Manajemen PPKGBK mengatakan Kawasan GBK merupakan kawasan yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum khususnya hari olahraga pada hari Jumat sampai dengan Minggu. “Prinsipnya concern kawasan Gelora Bung Karno ini agar tetap dapat dimanfaatkan bagi masyarakat umum yang rutin berolahraga di hari Jumat pagi, Jumat malam, Sabtu pagi sampai hari Minggu” ujar Direktur Utama PPKGBK.

Setelah berdiskusi dan menjajaki beberapa alternatif, pihak PPKGBK menyarankan satu alternatif yaitu membangun jalur baru di luar area ring road Stadion Utama GBK. “Untuk membantu seoptimpal mungkin agar Formula E 2020 tetap dilaksanakan dengan mempertahankan area hijau dan membuka akses publik, kami menawarkan alternatif lain kepada penyelenggara yaitu membangun jalur baru di luar area ring road Stadion Utama GBK. Saran tersebut agar ring road Stadion Utama GBK tetap dapat digunakan masyarakat untuk olahraga dengan nyaman pada tanggal penyelenggaraan event tersebut” ujar Dirut PPKGBK.

PPKGBK mengharapkan event Formula E 2020 dapat dilaksanakan di Kawasan GBK dengan tanpa mengganggu aktivitas rutin masyarakat untuk berolahraga khususnya di ring road Stadion Utama GBK saat Formula E 2020 berlangsung. “Mengingat event ini merupakan bagian dari olahraga otomotif, kami harap event ini dapat tetap berlangsung dan mengharapkan Kemenpora dapat menjembatani serta memfasilitasi para pihak terkait agar Formula E tetap dilaksanakan tanpa mengorbankan kepentingan masyarakat lain”, tegas Dirut PPKGBK.