Select Page

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men.PANRB) menerbitkan Keputusan Nomor 47 Tahun 2019 tanggal 18 Juni 2019 tentang Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Ke-6 Tahun 2019. Dalam keputusan tersebut, Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) yang menjadi salah satu satuan kerja di bawah Kementerian Sekretariat Negara berhasil masuk dalam Top 99 KIPP. KIPP merupakan kompetisi yang diikuti oleh seluruh kementerian/lembaga/instansi yang berada di seluruh Indonesia.

Melalui program “Bakul Ringpas”, PPKGBK mampu berada didalam Top 99 dari 3.156 proposal inovasi yang masuk Panitia Penyelenggara melalui Sistem Inovasi Pelayanan Publik Men.PANRB.

Bakul Ringpass, yang merupakan singkatan dari Gerobak Kuliner GBK sebagai Jaring Pengaman Sosial, adalah sebuah program yang dicetuskan oleh Manajemen GBK dalam menyelesaikan polemik PKL dan premanisme yang berada di Kawasan GBK agar lebih rapi, tertata, terdata, serta memiliki harga produk yang terjangkau. PKL juga diharapkan menjadi salah satu pos usaha GBK yang dapat dikembangkan secara maksimal. Selama program ini berlangsung, Bakul Ringpass ternyata dapat memberikan rasa aman secara sosial sebagai jaring pengaman sosial atau social safety net. Pedagang Gerobak Kuliner GBK secara sukarela mampu menjadi agent of services bagi pengunjung di Kawasan GBK. Diharapkan program ini dapat menjadi pilot project bagi kawasan lain sebagai solusi penertiban PKL dengan sejumlah permasalahannya. Beberapa dampak postif tersebut tentunya selaras dengan salah satu progam pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat.