Select Page

Atlet Panahan Putri Indonesia, Diananda Choirunisa berhasil menorehkan prestasi dengan berhasil masuk pada babak final nomor recurve tunggal putri di ajang Asian Games 2018 pada 28 Agustus 2018 di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno.

Pertandingan nomor recurve tunggal dilakukan dengan cara head to head. Kedua pemanah bergiliran menembakkan tiga panah dalam lima set. Diananda harus mengakui keunggulan altet Cina, Zhang Xinyan dengan skor akhir 3-7. Walaupun Diananda hanya mampu mendulang perak tetapi ia menorehkan sejarah baru bagi cabang olahraga panahan. Prestasi lainnya ditorehkan melalui nomor recurve tunggal putra, Riau Ega Agata Salsabillla setelah mengalahkan atlet Kazakhstan, Ilfat Abdullin dengan skor akhir 6-2.

Selama bergulirnya Asian Games, para Atlet Panahan kontingen Indonesia hanya mampu mendulang medali perak dan perunggu. Untuk medali perak yang diraih 24 tahun lalu, pada Asian Games 1994 di Hiroshima. Perolehan medali didapat dari nomor recurve beregu putri oleh 3 Pemanah Putri Indonesia yaitu Dahliana, Rusena Gelanteh, dan Purnama Pandiangan. Perak lain disumbangkan dari nomor recurve beregu putra pada Asian Games 1982 dan perunggu pada Asian Games 1978.