Jakarta Marathon Reborn

Ajang lari bertaraf internasional Jakarta Marathon kembali digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Mengusung tema Reborn menjadi pembuktian sebagai sebuah titik awal tonggak kebangkitan bagi bangsa Indonesia setelah terdampak pandemi COVID-19. Ajang ini juga merupakan upaya menumbuhkembangkan olahraga wisata atau sport tourism di Indonesia khususnya Jakarta yang juga menjadi salah satu tujuan Manajemen GBK. Gelaran Jakarta Marathon ke-9 kembali digelar secara offline pada Minggu, 16 Oktober 2022 dengan Start dan Finish di Plaza Utara GBK. 


Sekitar 15 ribu pelari marathon dari 26 negara turut berpartisipasi dalam ajang Jakarta Marathon 2022. Pada gelaran tahun ini ajang Jakarta Marathon masuk dalam daftar oleh World Marathon Majors Age Rangking Group yang menggandeng brand Abbot. Abbot TWMM adalah sebuah brand yang sangat sakral dan paling bergengsi bagi para pelari marathon dunia termasuk bagi para pelari Indonesia sehingga memudahkan pelari tanah air mendapatkan kualifikasi rangking di ajang marathon yang digelar di luar negeri.  


Jakarta Marathon melewati beberapa tempat wisata yang menjadi ikon kota dan jalan-jalan protokol Jakarta yaitu Kawasan GBK, Jembatan Semanggi, Wilayah Gambir-Monas, Kota Tua, Passer Baroe, Gereja Katedral, Istiqlal, Lapangan Banteng, Gedung Pancasila, Tugu Tani, Gedung Djoeang, Taman Ismail Marzuki, Metropole Megaria, Kunstkring Cut Mutia, Jalan Soerabaja, Museum Naskah Proklamasi, Gedung PFN Usmar Ismail, dan Museum Satria Mandala. Rute ini juga telah memenuhi persyaratan dari World Athletics sebelumnya bernama International Association of Athletics Federations atau IAAF, yaitu sebuah organisasi resmi internasional yang mengatur dan mengawasi penyelenggaraan ajang lomba lari maraton di seluruh dunia). Kemudian persyaratan penyelenggaraan kegiatan marathon ini diverifikasi oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS). Hasil verifikasi ini adalah sertifikasi World Athletics-AIMS Grade A untuk Jakarta Marathon yang diterbitkan pada bulan September lalu.

Sebanyak 5 kategori yang dilombakan pada ajang Jakarta Marathon 2022 yaitu Full Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, 5K, dan marathon anak-anak. Panitia penyelenggara menyediakan hadiah total senilai 1,5 miliar. Diharapkan dengan digelarnya Jakarta Marathon dapat menjadi ajang untuk mempromosikan tidak hanya Jakarta tetapi juga Kawasan GBK sebagai pusat penyelenggaraan sport tourism Indonesia.

News Gallery

0 Comments