Manajemen Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara, mengirimkan beberapa pegawainya untuk mengikuti Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Kompetensi Budaya Dokumentasi Tingkat Dasar bagi Aparatur Pemerintah yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesa (Kominfo RI) pada 10-13 April 2017 bertempat di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) – Pustiknas Kominfo Ciputat.

Kegiatan Bimtek yang diikuti oleh perwakilan dari Kementerian/Lembaga/instansi Pemerintah ini dibuka oleh Kapuslitbang Literasi dan Profesi SDM Kominfo RI, Prof. Dr. Gati Gayatri, MA,  dalam kata sambutannya, sebagai man behind the gun, para PPID mempunyai peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan pelayanan informasi publik dan harus memiliki kemampuan yang mumpuni agar dapat bekerja secara profesional untuk memberikan pelayanan prima kepada publik.

Pelaksanaan bimbingan teknis dan sertifikasi ini merupakan implementasi Undang-Undang Komisi Informasi Pusat Nomor 14 Tahun 2008, diperlukan penyiapan SDM yang kompeten dan profesional terutama yang berkecimpung dalam PPID dalam rangka menuju pembangunan masyarakat yang memiliki akses informasi publik.

Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya good governance yaitu tata kelola pemerintahan yang baik dan tranparan. Lahirnya UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik merupakan momentum dalam mendorong keterbukaan informasi yang menjadi landasan hukum dan merupakan hak bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara terbuka, cepat, tepat waktu, biaya ringan dan sederhana.

Pada akhir kegiatan Bimbingan Teknis ini, Pustiknas Kominfo akan melakukan uji sertifikasi bagi seluruh peserta terkait semua materi yang telah diterima peserta selama mengikuti pelatihan.

English EN Indonesian ID